Finansial

Pilih Mana, Investasi atau Trading Aset Kripto?

Written by Fariz Gobel

Aset kripto atau cryptocurrency bisa dikatakan semakin menjamur akhir-akhir ini. Tak hanya jenis koinnya yang makin hari makin bertambah, namun para peminat aset digital ini pun kian mereoket. Pertanyaannya adalah, aset yang fluktuatif semacam ini paling cocok untuk diinvestasikan ataukah diperdagangkan (trading)?.

Investasi cryptocurrency katakanlah bitcoin, sebenarnya sama saja dengan investasi pada umumnya. Artinya, orang yang berinvestasi tersebut berharap atau memiliki keyakinan bahwa dimasa yang akan datang nilai dari aset tersebut akan meningkat.

Jika kita melihat sejarah fase perjalanan harga bitcoin, sebagian dari kita yang belum mengetahuinya pasti akan tercengang. Bagaimana tidak, aset digital yang satu ini sempat mengalami lonjakan harga yang fantastis pada tahun 2017. Dengan harga sekitar 14 juta rupiah pada awal tahun 2017, bitcoin kemudian meroket dengan nilai 250 Juta lebih per koinnya.

Sebuah lompatan harga yang benar-benar akan membuat pemegang bitcoin pada saat itu kaya raya. Namun ditahun-tahun selanjutnya, harga aset digital ini terjun bebas. Penurunan ini antara lain disebabkan oleh kekhwatiran terhadap pihak regulator yang sepertinya tidak akan memberikan keleluasaan untuk aset yang satu ini.

Sampai dengan artikel ini ditulis, Bitcoin berada pada kisaran harga 155-160 Juta rupiah. Sebuah pergerakan market yang cukup stabil dan belum ada tanda-tanda lonjakan seperti yang terjadi pada tahun 2017.

Dari salah satu contoh bagaimana fase pergerakan harga sebuah instrumen digital tersebut, dengan mempertimbangkan segala risiko dan probabilitas yang bisa saja terjadi, kita mungkin sudah memiliki asumsi tentang bagaimana memperlakukan mata uang digital ini. Invest or trading?

Bayangkan profit yang didapatkan oleh mereka yang memiliki bitcoin sejak tahun 2014-2016 lalu menjualnya disaat terjadi lompatan harga ditahun 2017 tersebut. Bayangkan juga kerugian yang didapat oleh mereka yang menginvestasikan sejumlah dana untuk membeli bitcoin ditahun 2017, namun nyatanya harga bitcoin bahkan sampai saat ini masih cukup jauh dari pencapaian tertinggi tersebut.

Pilihan investasi sejatinya adalah pilihan jangka panjang. Kita takkan pernah tahu berapa sebenarnya nilai dari sebuah aset kripto tersebut. Bisa lebih tinggi atau mungkin saja lebih rendah dari nilainya saat ini. Yang jelas pilihan untuk berinvestasi dengan aset digital ini bukanlah opsi yang buruk. Apalagi ketertarikan market semakin besar dan jumlah pilihan koin pun sangatlah beragam.

Untuk trading, cryptocurrency ini sebenarnya merupakan sasaran market yang sangat pas. Kenapa? Karena dengan fluktuasi harga yang sangat signifikan, anda memiliki kesempatan profit dengan memperjualbelikan aset ini setiap saat.

Itulah sebabnya para trader di bursa kripto memiliki rasio capital gain (keuntungan) yang lebih besar dibandingkan dengan market instrumen keuangan lainnya. Ingat, perdagangan di pasar kripto itu 24 jam loh. Tak hanya itu, pergerakan harga dipasaran pun bersifat global. Karena cryptocurrency adalah mata uang yang terhubung dalam jaringan internet, maka marketnya pun bersifat internasional.

So, investing or trading keduanya sama-sama memiliki peluang. Kembali ke diri kita pribadi. Kita adalah tipikal orang yang sukanya jangka panjang atau jangka pendak. Asalkan jangan salah menganalisa pasar, silahkan berinvestasi. Dan selama ada Cuan (meminjam istilah para trader), disitulah pasar akan terus tumbuh maka silahkan anda tradingkan aset digital ini. Analisa market itu penting dan cuan adalah koentji. Sekian.

About the author

Fariz Gobel

Leave a Comment